Meditation Trivia #1

Meditasi merupakan salah satu cara untuk menghubungkan diri dengan Yang Maha Kuasa. Meditasi bisa dilakukan dengan banyak cara namun yang paling umum dikenal yaitu dengan duduk bersila (cross leg).

Kunci utama dari meditasi adalah konsentrasi dan memfokuskan pikiran. Pikiran manusia  mudah terganggu oleh hal – hal di sekitarnya dan sangat sulit untuk bisa fokus. Sedikit suara bahkan sentuhan lembut dapat menggagu konsentrasi maupun fokus dari pikiran kita. Oleh karena itu, biasanya meditasi dilakukan di tempat yang sunyi atau di waktu yang sepi. Intinya di tengah kesunyian.

Memusatkan atau memfokuskan pikiran bisa dilatih. Semakin sering dilatih maka akan semakin mudah untuk memusatkan pikiran walaupun tidak di tempat yang sunyi. Ada banyak cara untuk melatihnya. Salah satunya yaitu dengan Hand Sign. Hand Sign dapat dalam berbagai bentuk. Yang penting dengan hand sign ini pikiran kita bisa fokus dan tidak terganggu dengan hal di luar serta memudahkan untuk berkontrasi. Hand Sign yang paling sering digunakan yaitu dengan menyatukan ibu jari dengan jari telunjuk dan meletakkannya diatas lutut dan menyatukan kedua tangan (menyakupkan tangan) dan meletakkannya di depan hulu hati (dada). Dua hand sign ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan namun sekali lagi hand sign dapat berupa apapun yang membuat kita nyaman dan membantu untuk tetap fokus.

Untuk dapat memfokuskan pikiran, biasanya kita memerlukan suatu titik fokus atau tujuan dari fokus itu sendiri. Untuk hal ini akan saya bahas di lain kesempatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s